Apa itu Hajar Aswad?

Ketika kita mendengar, atau bahkan membaca seputar Kakbah, Mekkah, sering kali ada istilah-istilah yang belum kita mengerti, seperti Hajar Aswad.

Dalam artikel Wikipedia Indonesia disebutkan Hajar Aswad merupakan sebuah batu yang diyakini oleh umat Islam berasal dari surga, dan yang pertama kali menemukannya adalah Nabi Ismail dan yang meletakkannya adalah Nabi Ibrahim. Dahulu kala batu ini memiliki sinar yang terang dan dapat menerangi seluruh jazirah Arab. Namun semakin lama sinarnya semakin meredup dan hingga akhirnya sekarang berwarna hitam.

Batu ini berada di sudut selatan Kakbah dengan panjang sekitar 25 cm dan lebar sekitar 17 cm. Dikatakan bahwa sebenarnya batu ini berwarna putih susu, sementara kulit luarnya berwarna hitam. Oleh sebabnya batu ini disebut Hajar Aswad yang berarti batu hitam.

Hajar Aswad merupakan tanda dimulainya dan diakhirinya Tawaf. Bagi jemaah yang ingin mencium Hajar Aswad, diumpamakan seperti seorang laki-laki yang mencium kekasihnya, yaitu ciuman cinta dan penuh kasih sayang.  :lol:

Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono hendak mencium Hajar Aswad

 

Dan di bawah ini merupakan video Hajar Aswad yang terletak di sudut Selatan Kakbah :

 

 

referensi :

- http://id.wikipedia.org/wiki/Hajar_Aswad
- Antara Mekkah dan Madinah. Jakarta : Erlangga

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 7 = 9

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>