Maksud Bahwa Masjid Adalah Rumah Allah

Rumah melindungi Kita dari hujan, panas, angin. Rumah juga sebagai tempat kita menyimpan makanan, harta-harta kita. Manfaat lain adalah rumah untuk menjaga Kita dari gangguan serangga dan binatang yang bisa membahayakan kita.

Sementara, apakah Allah mempunyai rumah atau tidak? Jawabannya jelas bahwa Allah sama sekali tidak mempunyai rumah karena hujan, panas, angin tidak membahayakan-Nya, juga serangga dan binatang. Allah pun tidak butuh makanan sehingga Ia harus makan di rumah. Dia juga tidak perlu tidur, hingga harus berbaring di dalam rumah. Dia jauh lebih agung untuk memiliki sebuah rumah.

Bila dikatakan bahwa masjid adalah rumah Allah, itu bermakna lain. Nabi saw. bersabda :

“Dalam Taurat disebutkan: rumah-Ku di muka bumi adalah masjid-masjid.”

Imam Shadiq juga berkata :

“Masjid adalah rumah Allah di muka bumi.”

Kata masjid berarti tempat manusia bersujud dan menyembah Allah. Masjid adalah tempat untuk salat, berdoa, dan berbicara dengan Allah. Jadi, sebaiknya jika kita ingin berbicara dengan Allah, sebaiknya di masjid. Masjid merupakan tempat yang disukai Allah, dan Dia juga menyukai orang-orang yang beribadah di dalamnya.

Masjid adalah rumah Allah berarti bahwa masjid mendapat perhatian Allah. Orang-orang yang pergi ke masjid akan mendapat rahmat dan kasih Allah. Itu sebabnya pahala salat di masjid lebih banyak jika dibandingkan dengan di tempat lain.

Beribadah kepada Allah, mengingat Allah, dan berdoa kepadanya dimana pun tetap merupakan suatu kebaikan. Namun, beribadah, salat, zikir di masjid akan lebih baik dan pahalanya lebih banyak.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− 6 = 0

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>