Mengangkat Tangan Saat Berdoa, Mengapa?

Apakah Allah berada di langit, sehingga Kita harus mengangkat tangan ke arah langit saat berdoa?

Ketika ingin bertanya pada guru, Kita biasanya mengangkat tangan untuk meminta izin darinya. Waktu volume televisi terlalu keras, kita menutup telinga dengan kedua tangan agar seseorang mengecilkan volumenya. Begitu pun saat kita menyuruh orang lain melakukan suatu pekerjaan, kita menunjuknya dengan jari telunjuk. Istilah lain dari perbuatan ini adalah “body language” dengan menggunakan tangan.

Dengan menggunakan tangan, Kita menunjukkan ekspresi Kita. Setiap gerakan tangan memiliki makna tersendiri. Saat berdoa, Kita mengangkat tangan untuk menunjukkan kebutuhan Kita kepada Allah Swt.

Al-Qur’an mengatakan,

Kemana pun kalian berpaling, di sanalah Allah berada.
(Al-Baqarah: 115)

Kita mengangkat tangan ke arah langit, karena kondisi semacam ini yang paling sesuai ketika Kita berdoa. Jadi, mengangkat tangan saat berdoa adalah tanda Kita sedang berbicara dengan Allah Swt.

Sayyidina Husain berkata,

“Saat berdoa, Nabi Muhammad saw. mengangkat tangannya seperti pengemis meminta makan.”

Saat Kita mengangkat tangan ke arah langit, kita seolah menjadi orang miskin yang mengemis kepada seorang yang berkuasa dan pengasih. Dengan perbuatan ini, Kita ingin menunjukkan bahwa kita membutuhkan Allah dan bantuan-Nya.

Saat berdoa, Allah pasti mendengar doa Kita. Kita bisa berdoa kepada Allah kapan pun dan dimana pun, serta dengan cara dan bahasa apa pun.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 7 = 14

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>