Tujuan Penciptaan Neraka

Neraka dalam Al-Qur’an sangat sering dipaparkan, bagaimana mengerikannya jika Kita masuk kedalamnya. Nauzubillah. Apakah Kita tidak pernah berfikir bahwa mengapa harus ada Neraka? Mengapa Allah menciptakan neraka untuk menyiksa manusia?

Allah sama sekali tidak suka memasukkan orang ke dalam neraka. Dia memberi manusia akal agar bisa membedakan jalan baik dan buruk, hingga ia tidak tersesat dan masuk neraka. Allah juga mengutus banyak nabi untuk memberi petunjuk kepada manusia dan memperingatkannya akan bahaya neraka.

Kasih Allah itu sangatlah luas. Manusia yang dimasukkan ke neraka adalah orang-orang yang tidak mendengarkan firman-Nya. Kemudian alih-alih bertobat, mereka malah menambah dan melakukan dosa yang lain.

Menurutmu, apakah orang seperti Yazid yang telah membunuh Sayidina Husain Cucunda Nabi saw. dalam keadaan dahaga dan menelantarkan anak-anaknya, tidak patut dimasukkan ke neraka? Apakah orang-orang seperti Saddam yang telah membunuh ribuan orang tak berdosa dan menewaskan anak-anak malang Dezful dengan roket, tidak layak dijebloskan ke neraka? Orang-orang semacam ini telah memilih neraka atas ikhtiar mereka sendiri.

Dalam ayat ke-221 al-Baqarah, Allah berfirman, Allah menyeru kalian menuju surga. Surga adalah tempat yang dikehendaki Allah bagi manusia. Jika kamu melihat banyak ayat Al-Qur’an yang berbicara tentang surga, semua ini demi mendorong Kita melakukan amal baik hingga bisa masuk surga.

Neraka adalah akibat perbuatan orang kafir dan pelaku dosa. Sebagaimana orang yang tidak menyikat gigi, giginya akan rusak dan sakit. Atau barangsiapa yang banyak makan, perutnya akan sakit, atau orang yang keluar di musim dingin dengan baju tipis, akan kedinginan. Maka hukuman dan akibat bagi para pelaku dosa adalah neraka.

Allah Swt. menghendaki agar Kita masuk surga dan banyak membantu kita untuk sampai ke sana. Tapi, jika ada orang yang memilih jalan menuju neraka, maka ini adalah kesalahan mereka sendiri.

 

Referensi :
– Abhari, Gholamreza. 2011. Cara Pintar Mengenal Allah. Tapak Sunan Publishing House : Cirebon

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 − = 4

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>