Menanggapi Doa yang Tak Terkabul

Kenapa banyak doa Kita tidak dikabulkan Allah?

Allah Yang Maha Pengasih memerintahkan Kita dalam Alquran supaya berdoa kepada-Nya. Dia berfirman, Jika para hamba-Ku bertanya tentang-Ku, katakan mereka bahwa Aku dekat. Aku menjawab doa si pendoa saat ia berdoa kepada-Ku.

Jika Allah tidak mau membantu Kita, Dia tak akan menyuruh Kita berdoa. Tapi, pernahkah kamu berfikir, apa yang akan terjadi andai semua doa manusia dikabulkan?

Seorang petani berdoa meminta hujan, tapi seorang musafir berdoa agar hujan tidak turun. Seorang penjual berdoa agar harga barang naik hingga ia mendapat banyak laba, tapi yang lain berdoa agar harga barang semakin murah. Seseorang yang sudah bosan hidup, berdoa agar ia cepat mati. Tapi ayah, ibu, dan saudara-saudaranya yang menyayanginya, berdoa agar ia tetap hidup.

Seperti yang Kamu lihat, jika Allah harus mengabulkan semua doa manusia, maka dunia akan menjadi kacau. Selain itu, banyak doa Kita tidak membawa manfaat bagi Kita sendiri. Allah tak akan mengabulkan doa-doa semacam ini, karena Dia menyayangi kita. Lantaran Allah tahu bahwa sebagian doa Kita tidak membawa manfaat, maka Dia tidak mengabulkannya.

Banyak anak yang berdoa agar memperoleh permen berlimpah. Tapi Allah tahu bahwa permen yang banyak akan membuat mereka sakit dan merusak gigi mereka. Banyak orang yang berdoa agar mendapat banyak harta. Tapi, Allah tahu bahwa jika mereka kaya, mereka akan menggunakannya untuk kejahatan. 

Harta Kekayaan

Harta kekayaan

Dalam Alquran disebutkan, Banyak hal yang kalian sukai, tapi berbahaya bagi kalian. Jadi, Allah Yang Maha Pengasih seringkali tidak mengabulkan doa Kita demi kebaikan Kita sendiri, karena Dia menyayangi Kita. 

Kadang, Allah Swt. memberi Kita jauh lebih baik daripada yang Kita minta. Contohnya, Kita berdoa agar Allah memberi sebuah buku kecil. Tapi, selang beberapa waktu, Allah memberi Kita beberapa buku yang berharga. Karena Kita terlalu tergesa-gesa, Kita menyangka bahwa Allah tidak memperhatikan doa Kita. Padahal, Allah Swt. tidak seperti yang Kita sangka.

Bahkan, kalaupun Allah Swt. tidak mengabulkan doamu dan mewujudkan keinginanmu, Kamu tidak kembali dengan tangan kosong. Karena kamu telah berbicara dengan-Nya, maka Dia akan memberimu surga. Oleh karena itu, Kita tak akan pernah rugi dalam berdoa, baik Allah mengabulkan keinginan Kita dan memberi Kita yang lebih baik maupun menganugerahi Kita pahala karena doa Kita. Disamping itu, berbicara dengan Allah akan menenangkan dan menerangi hati Kita, juga menghembuskan kegembiraan dan harapan ke dalam hidup Kita.

 

Referensi :
– Abhari, Gholamreza. 2011. Cara Pintar Mengenal Allah. Tapak Sunan Publishing House : Cirebon

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *


1 + = 3

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>